BenuDoang Headline Animator

bisinis masa depan,bisnis,bisnis internet,marketing,masa depan,mesin pencari uang,internet,kaya mendadak,smart mesin,pundi uang,usaha,YAKIN MAU UANG BERLIMPAH ??KLIK DISINI!!
HUB: 081932316097
HUB;081932316097

Jumat, 25 September 2009

SEJARAH DAN MAKNA KETUPAT LEBARAN

Ketupat, tentunya sudah kita kenal sejak dulu terutama populer manakala menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Idul Adha. Ketupat adalah sejenis makanan yang terbuat dari nasi dan dibungkus oleh daun kelapa muda atau dikenal juga dengan janur.

Umumnya ketupat identik sebagai hidangan spesial lebaran, tradisi ketupat ini diperkirakan berasal dari saat Islam masuk ke tanah Jawa.

Dalam sejarah, Sunan Kalijaga adalah orang yang pertama kali memperkenalkannya pada masyarakat Jawa. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu "Bakda Lebaran" dan "Bakda Kupat". Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda. Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut diantarkan ke kerabat yang lebih tua, menjadi sebuah lambang kebersamaan.

Ketupat sendiri menurut para ahli memiliki beberapa arti, diantaranya adalah (1)mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia, dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat. Yang ke (2), mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan, dilihat dari warna putih ketupat jika dibelah dua. Yang ke(3) mencerminkan kesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat. Semua itu dihubungkan dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya menginjak hari yang fitri.

Cara Bikin Ketupat

Terlepas dari nilai sejarahnya, ketupat adalah jenis makanan pengganti nasi yang sangat lezat.

Jika anda berminat untuk membuat ketupat pada Lebaran tahun ini, berikut beberapa tips membuat ketupat yang benar :

1. Beras yang digunakan harus dicuci bersih, direndam selama 3 jam dan hasil tirisannya dicampur sedikit kapur sirih.

2. Beras yang dimasukkan ke dalam bungkus ketupat harus sebanyak 2/3 isinya. Jangan sampai lebih dari itu.

3. Didihkan terlebih dahulu air yang akan dipakai untuk merebus ketupat.

4. Ketupat harus direbus kurang lebih selama 4-5 jam dan selama itu harus dalam keadaan terendam penuh.

5. Setelah matang, ketupat harus digantung sampai kering.

Tentunya ketupat jelas tidak afdol jika berdiri sendirian. Lauk pauk yang wajib mengikutinya adalah opor ayam, rendang daging, gulai kambing, teri pedas, sambal goreng hati dan menu-menu khas lainnya. Semuanya sangat menggugah selera, apalagi jika disajikan dihari yang tepat dan dinikmati bersama seluruh keluarga. Hmm.. Lezatnya.

Sumber : http://pramuka.site40.net/index.php?option=com_content&task=view&id=80&Itemid=60



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

mohon komentarnya untuk kelangsungan blog ini

 

PESAN DARI PENGUNJUNG

Powered by FeedBurnerAdd to Google Reader or HomepageRumah BloggerBlogging Community, Blogosphere, Free Blog Submissions, Blog Directory, Article Submissions, Blog Traffic

mailonpix.comAdd to PageflakesCool Text: Logo and Graphics GeneratorCheck Google Page Rank

IPTEK OnlineSubmit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

Get Free Shots from Snap.com
















Followers

Copyright © 2009 by BENU DOANG
Themes : Magazine Style by Blogger Magazine